11 Penemuan Paling Penting di Bidang Tehnologi Selama Dekade Terakhir

Kebutuhan manusia akan keingintahuan yang tak terbatas terus berkembang, individu - individu dari berbagai etnis dan kelas sosial saling berlomba-lomba untuk menemukan atau membuat suatu terobosan baru melalui sains dan IPTEK.
Selama dekade terakhir ini begitu banyak Penemuan baru yang penting untuk kelangsungan dan memberi kemudahan ..
Berikut in 11 diantaranya, baik yang telah begitu dikenal ataupun yang jarang diketahui, namun ini adalah 11 penemuan yang sangat penting dalam dekade ini.. Daftar ini dibuat secara kronologi waktu

1. Tahun 2000 (Kendaraan self-balancing)
Self-balancing pertama, mesin transportasi bertenaga listrik ditemukan oleh Dean Kamen, yang dikenal sebagai Segway Human Transporter diciptakan pada tahun 2000.

Diluncurkan pada tahun 2001, Segway transporter untuk manusia menggunakan stabilisasi dinamis untuk mengaktifkan transporter untuk keseimbangan diri dengan bantuan sensor kemiringan, giroskop dan perangkat komputer built-in.
Transporter menyesuaikan dengan gerakan tubuh pada tingkat 100 gerakan per-detik. Model pertama tidak dilengkapi dengan rem dan meluncur pada kecepatan 12 mil per jam, kecepatan dan arah dapat dikendalikan oleh mekanisme manual. Sebuah model improvisasi yang dirilis kembali pada tahun 2006 memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan kecepatan dan arah melalui bantuan komputer juga.

2. Tahun 2001 (iPod, Hati Buatan)
Seiring dengan iPod yang terkenal diciptakan oleh Apple Inc pada tahun 2001, penemuan lain yang luar biasa di tahun ini adalah hati buatan (bio-artificial). Dr Kenneth Matsumura dan Alin Foundation menemukan hati buatan dengan merancang sebuah perangkat yang menggunakan sel-sel dari hati hewan.
Disamping menempel dengan ide kuno menggunakan perangkat mekanis juga digunakan untuk menggantikan organ-organ, terobosan teknologi ini termasuk perangkat mekanik serta unsur biologis. Sel-sel hewan yang dipasang di belakang membran (dalam batas tipis) di hati bio-buatan.
Oleh karena itu, Saat sel-sel dapat melakukan semua fungsi umum dari hati seperti penyaringan darah, dan menghilangkan racun, sel-sel tidak bercampur dengan darah manusia dan tidak menyebabkan reaksi atau membahayakan orang tersebut.

3. Tahun 2002 (Perangkat Kontrol Kelahiran)
Kontrol kelahiran patch, Braille Glove, dan Nano-tex semua penemuan ilmiah ini berasal dari tahun 2002. Menggunakan sarung tangan kulit, Ryan Patterson, menciptakan sebuah perangkat yang dapat mengidentifikasi gerakan tangan pemakainya dan mengirimkan mereka secara nirkabel ke sebuah monitor genggam sebagai kata-kata. Meskipun tidak sangat terkenal, Braille Glove cukup penting dalam dunia orang yang dalam keadaan terganggu.
Kain Nano-tex adalah satu lagi penemuan yang sedikit tidak disadari oleh orang kebanyakan.Kain Nano-tex berjalan melalui pengobatan kimia yang memberi mereka sekitar satu juta serat kecil yang sebanyak seratus ribu diantaranya berukuran panjang 1 inci, yang digunakan sebagai dasar menghilangkan tumpahan.
Tambalan Kontrol kelahiran yang diciptakan oleh Ortho McNeil Pharmaceuticals dikenal sebagai Ortho Eva patch adalah perangkat kontrol yang kelahiran pertama yang dapat diganti seminggu sekali dan memiliki efek yang sama seperti pil kontrasepsi.

4. 2003 (Mobil Hibrid Yang Bisa Parkir Sendiri)
Mobil Toyota Hybrid adalah penemuan untuk tahun 2003. Mendapatkan banyak publisitas ketenaran mobil Hybrid dikenal untuk atribut self parking,. Mobil bertenaga bensin-listrik memiliki fitur yang memungkinkan mobil ini memarkir sendiri!

Hal ini terjadi dengan bantuan sebuah kamera dipasang belakang, power steering dan perangkat lunak yang disebut Intelligent Parking Assist, yang dirancang untuk mengarahkan mobil ke tempat parkir. Pengguna bahkan tidak perlu menyentuh, berbicara atau memberikan masukan selama proses berlangsung.

5. 2004 (Prep Sono, Adidas 1 Sepatu dengan Processor)
Kedua penemuan yang menarik perhatian populer di tahun 2004 adalah Prep Sono, dan sepatu Adidas 1.
Sepatu Adidas 1 dengan built-in mikroprosesor bisa berpikir sendiri, memutuskan kebutuhan si pemakai berdasar jenis kaki pemakainya. Sono Prep diciptakan oleh Robert Langer, adalah kemajuan di bidang bioteknologi yang dapat memberikan obat-obatan melalui gelombang suara bukan metode konvensional seperti suntikan. Perangkat ini dikatakan langsung mengarahkan gelombang ultrasonik frekuensi rendah pada kulit selama 15 detik yang membuka lipid di kulit dan memungkinkan transfer cairan. Kulit akan kembali ke kondisi semula dalam 24 jam berikutnya.

6. Tahun 2005 (Youtube)
Penemuan yang paling populer dan sukses di tahun 2005 adalah YouTube. Situs yang mencapai respon konsumen terbesar adalah situs video hosting yang memungkinkan pengguna berbagi video ke seluruh dunia. Situs ditemukan oleh Jawed Karim, Steve Chen dan Chad Hurley saat ini menjadi salah satu situs paling terkenal di dunia!

7. Tahun 2006 (Loc8tor)
Tahun 2006 sedikit lambat dan agak mondar-mandir di bidang penemuan ilmiah. Meskipun banyak prototipe dan beta-tester diluncurkan, hanya beberapa produk yang sebenarnya terlihat di pasar.
Salah satu produk ini adalah Loc8tor . Loc8tor menempel pada barang anda memancarkan frekuensi radio untuk semua barang kecil Anda , sebagai antisipasi . Loc8tor Ini mempunyai poin ke arah kiri-kanan, dan naik-turun juga, membawa Anda sedekat satu inci dari item. Perangkat ini mengarahkan ke titik ke arah kiri-kanan dan juga atas-bawah membawa anda sedekat 1 inci ke item
Tag melakukan tugasnya dan bunyi beep untuk menentukan lokasi yang tepat juga.

8. Tahun 2007 (iPhone)
Penemuan tahun 2007 yang sangat terkenal tak lain adalah iPhone Apple. Ketika pertama kali dirilis, iPhone adalah sebuah terobosan dalam teknologi mobile juga teknologi sensor yang belum pernah terjadi sebelumnya, merek operasi sistem baru, yang sebenarnya sesuai dengan operasi dari sebuah komputer di dalam sebuah ponsel yang praktis.
iPhone gadget Mobile yang kita kenal sekarang telah direstrukturisasi seluruh dunia dan menjadi semacam maskot dari produk Apple adalah di dunia teknologi.

9. Tahun 2008 (Alat Pengujian DNA Pribadi, Lensa Bionic)
Keajaiban ilmiah dan medis untuk tahun 2008 adalah Kotak ritel pengujian DNA pribadi . Melalui kotak tes air liur DNA dapat memperkirakan link genetik Anda ke lebih dari 90 sifat-sifat turun temurun mulai dari kebotakan smpai penyakit kronis.
Meskipun kotak belum ditemukan pada tahun 2007,namun telah dirilis ke publik kepada konsumen umum. Genotip manusia telah tersedia untuk setiap orang bukan hanya berkat perintah eksekutif kepada penemu 23andMe.

Pertimbangkan keuntungan dan konsekuensi dari penemuan yang dapat melacak kemungkinan Anda berada dalam keadaan tertentu, atau kondisi medis berdasarkan gen Anda dan tidak hanya sosial, faktor lingkungan dan murni teknologi. Genotip melalui DNA kit ini dapat mengidentifikasi kemungkinan genetik mewarisi sifat apapun yang keluar dari 6 juta sifat berbeda.

Lensa Bionic
Penemuan lain menonjol tahun ini adalah Lensa Bionic. Babak Parviz dari University of Washington menemukan lensa kontak yang menggunakan LED kecil yang digerakkan oleh sel surya dan menggunakan frekuensi radio penerima untuk menampilkan gambar, peta dan data lainnya atas medan visual pemakainya.

10. 2009 (The Sixth Sense, Layar Komputer Hologram)
The Sixth Sense dikembangkan pada tahun 2009 oleh Pranav Mistry di laboratorium media di MIT USA adalah antarmuka gestural dpt dipakai mengubah semua tindakan menjadi informasi digital yang mampu diproses dalam perangkat teknologi canggih, seperti komputer, ponsel, dll
Ini telah menjadi teknologi mendasar dari efek digital di film sci-fi selama hampir satu dekade. The Sixth Sense terdiri dari proyektor ukuran saku dan kamera terhubung ke perangkat komputasi portabel.
Kamera mengidentifikasi gerakan tangan dan gerakan pengguna saat proyektor dapat menggunakan permukaan untuk menampilkan data visual dan membiarkan mereka digunakan sebagai layar monitor komputer.
Perangkat ini menggunakan video streaming dari kamera dan proses dengan perangkat lunak dalam sinkronisasi dengan sensor referensi pelacakan visual saat pengguna memakai di ujung jari.

11. 2010 (Teleportasi)
Teleportasi adalah hal besar berikutnya menarik kepentingan ilmiah di seluruh dunia. Meskipun hanya dalam tahap pengujian, teknologi ini membuat perjalanan jarak jauh dalam sekejap mata menjadi mungkin. Hal-hal dari film akhirnya bisa menjadi kenyataan dalam waktu dekat.
Untuk saat ini, para ilmuwan Bersama Quantum institute di Universitas Maryland, Amerika Serikat telah berhasil menteleportasi (memindahkan benda dengan kecepatan sekejap mata) informasi dari satu atom ke atom lain, ditempatkan di wadah terpisah, dengan jarak 1 Meter!


Sumber: http://www.inmystery.com/

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...